Bukit Bangkirai, Menyimpan Kekayaan Hayati yang Melimpah

Y

Yopi Sanjaya

10 Oct 2024

Keberadaan IKN atau biasa dikenal Ibu Kota Nusantara ternyata menjadi topik yang hangat untuk diperbincangkan. Wilayah di Kalimantan Timur ini akan segera menjelma sebagai destinasi wisata alam yang sangat menakjubkan. 


Pengen merasakan suasana hutan hujan tropis yang masih alami? Ingin mencoba tempat wisata untuk menjajal petualangan yang menantang? Penasaran juga dengan kekayaan alam yang tersembunyi di tempat wisata yang dimaksud?


Ternyata ada nih salah satu tempat wisata di sekitar IKN yang bisa direkomendasikan untuk Sobat Roote yaitu Bukit Bangkirai. Sobat Roote perlu tau nih bahwa Bukit Bangkirai dikelola oleh PT Inhutani sebagai bentuk dukungan untuk melestarikan hutan, wisata edukasi, dan wisata alam.



Arena tampak depan dari Bukit Bangkirai (sumber: instagram/bukitbangkirai)


Bukit Bangkirai terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tempat wisata ini ternyata memiliki luas hutan yang masih alami sekitar 1.500 hektar. Untuk mengetahui berbagai pesona yang tersembunyi di Bukit Bangkirai silakan disimak ya ulasan artikel ini.

1. Menjelajahi Surganya Aneka Flora dan Fauna di Bukit Bangkirai


Taman Anggrek, salah satu Kekayaan hayati yang terdapat di Bukit Bangkirai, kalimantan Timur (sumber: instagram/bukitbangkirai)


Bukit Bangkirai ternyata menyimpan beraneka ragam tumbuhan  yang masih alami. Salah satunya pohon bangkirai yang ternyata cukup mendominasi di kawasan tersebut.


Pohon Bangkirai yang hidup di Bukit Bangkirai memiliki umur rata - rata lebih dari 150 tahun dengan tinggi mencapai 40-50 meter dan ukuran diameternya sekitar 2,3 meter.


Biasanya kayu dari pohon bangkurai dimanfaatkan untuk struktur bangunan rumah seperti membuat atap dan pagar. Kayu ini digunakan karena mempunyai ketahanan yang tinggi sehingga mampu bertahan lama.

Selain itu, pengunjung bisa menjumpai berbagai pohon jenis lainnya seperti meranti, ulin, jengkol hutan, semangkok, dan gaharu di Bukit Bangkirai. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menemukan 3.000 jenis jamur, 13 jenis rotan, dan 45 jenis anggrek. Bahkan tanaman obat di kawasan ini juga ada seperti bajaka dan akar kuning.


Adapun fauna yang terdapat di Bukit Bangkirai yaitu 113 jenis burung, berbagai jenis mamalia, dan serangga lainnya. Misalnya saja mamalia yang ada di kawasan ini yaitu monyet ekor panjang, babi hutan, owa-owa, beruk, lutung merah, bajing terbang, dan rusa kembar.


2. Daya Tarik dari Jembatan Tajuk yang Bikin Wisatawan untuk Mencoba Petualangan Adrenalin


Pesona dari Canopy Bridge yang terdapat di Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur (sumber: instagram/bukitbangkirai)


Jembatan Tajuk atau yang dikenal Canopy Bridge menjadi daya tarik di Bukit Bangkirai. Jembatan ini dianggap sebagai jembatan tajuk pertama di Indonesia. Canopy Bridge di tempat ini didirikan sejak Januari-Februari 1998 oleh kontraktor asal Amerika yang tergabung dalam CCA (Canopy Constraction Asosiated).


Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai terbuat dari kayu dan besi anti karat yang memiliki panjangnya sekitar 64 meter. Suatu hal yang unik dari jembatan ini ternyata mampu menghubungkan lima pohon bangkirai. Selain itu, jarak antara satu pohon dengan pohon yang lain rata - rata sekitar 10 hingga 15 meter. 


Apabila Sobat Roote ingin mencoba naik canopy bridge, langkah awal yang perlu dilakukan yaitu menaiki menara yang terbuat dari kayu ulin. Hal ini menjadi tahap awal bagi Sobat Roote untuk berpetualang mencapai jembatan tajuk. Oleh sebab itu, untuk menuju jembatan ini harus meniti anak tangga pula.

Ketika ingin menyeberangi  jembatan ini tentunya pengunjung bisa merasakan desiran angin yang berhembus. Adanya angin ini membuat canopy bridge bergoyang ke kanan dan ke kiri, sehingga membuat wisatawan bisa merasakan puncaknya petualangan yang menantang.


Walaupun naik jembatan itu menantang adrenalin, tetapi pelancong bisa mengamati dan mendengar suara hewan-hewan dari dalam hutan. Selain itu, selama di jembatan itu bisa melihat beraneka burung langka seperti burung surga maupun enggang.


Gimana Sobat Roote tertarik untuk berkunjung ke Bukit Bangkirai-kan ? Tempat ekowisata yang bisa menyajikan keindahan alamnya, suasananya sejuk, dan mengajarkan pelestarian kekayaan hayati yang melimpah. 


Pokoknya tempat wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga dalam mencoba petualangan adrenalin dan menyajikan kekayaan hayati yang melimpah. Yuk Sobat Roote jelajahi berbagai destinasi wisata lainnya yang seru dan menarik di rootetrail.com


References:

https://www.merdeka.com/sumut/bukit-bangkirai-menjajal-sensasi-berpetualang-di-konservasi-hutan-tropis-kalimantan-timur-172218-mvk.html

https://intisari.grid.id/read/031254902/jembatan-gantung-bukit-bangkirai-wisata-alam-yang-menggoyang-adrenalin

https://megapolis.id/2023/02/11/wisata-alam-bukit-bengkirai-kalimantan-timur/

https://kaltim.suara.com/read/2024/01/06/160058/keunikan-bukit-bangkirai-pesona-hutan-hujan-tropis-yang-masih-alami-di-kutai-kartanegara

https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/bukit-bangkirai-pengalaman-petualangan-alam-yang-tak-terlupakan/

https://www.sepinggan-airport.com/id/destinasi-wisata/index/bukit-bangkirai-3