Desa Wisata Sangiran di Sragen, Tempat Penyimpanan Purbakala

Y

Yopi Sanjaya

30 Sep 2024

Desa wisata Sangiran merupakan tempat wisata di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah yang dianggap sebagai rumah situs sejarah, sebab menawarkan berbagai warisan paleontologi kepada wisatawan. 

Fakta yang perlu diketahui oleh Sobat Roote, pada Desa Wisata Sangiran ini ternyata pernah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1996. Tidak hanya sebagai tempat penelitian saja, tetapi desa wisata ini bisa menawarkan pengalaman yang unik sebagai destinasi wisata edukatif dalam menjelajahi jejak-jejak kehidupan manusia purba.

Bahkan di Desa Wisata Sangiran juga mengembangkan ekonomi kreatif dengan menawarkan paket wisata yang menarik kepada wisatawan. Hal ini bertujuan agar desa wisata ini sebagai ajang promosi dari produk-produk lokal yang dihasilkan oleh masyarakat setempat.

Apa Daya Tarik Tempat Wisata yang Ada di Sekitar Desa Wisata Sangiran?

Desa Wisata Sangiran ternyata menyimpan kekayaan fosil purbakala. Sebut saja mulai dari fosil manusia purba, hewan purba, bahkan Sobat Roote bisa menjumpai hasil kebudayaan manusia praaksara di sana. 

Selain itu, di Desa Wisata Sangiran pengunjung juga bisa menemukan wisata sejarah seperti Punden Tingkir dan Museum Sangiran. Sobat Roote juga perlu mengetahui bahwa Punden Tingkir dipercaya sebagai peninggalan dari Joko Tingkir sebagai tempat petilasan. 

Adapun Museum Sangiran yang bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat berbagai koleksi ribuan fosil dari zaman pleistosen. Di sana para pelancong bisa menjumpai 50 jenis temuan fosil hominid purba di Sangiran. 

Sobat Roote juga perlu mengetahui bahwa fosil hominid merupakan fosil yang merujuk pada kera berukuran besar yang dianggap sebagai nenek moyang manusia. Maka dari itu, fosil ini bisa dikatakan sebagai perwujudan evolusi manusia. 

Selain itu, di Museum Sangiran bisa dijumpai lebih dari 13.685 fosil yang mencakup fosil manusia purba, binatang bertulang belakang maupun air, dan peninggalan kebudayaan dari zaman pleistosen yang berwujud batu-batuan.

Para wisatawan juga bisa mengunjungi Wisata Air Pablengan yang ada di Desa Wisata Sangiran. Sobat Roote perlu untuk mengetahui dari wisata air ini sebagai sumber mata air yang telah berusia lebih dari 2 juta tahun yang lalu. 

Sumber mata air ini ternyata terbentuk dari reaksi pergeseran bumi yang diiringi letusan gunung berapi. Oleh sebab itu, wisata air ini sebagai bukti bahwa ada perubahan lanskap Sangiran yang diawali lautan menjadi terbentuknya daratan.

Produk dari Pengembangan Ekonomi Kreatif di Desa Wisata Sangiran

Ketika mengunjungi Desa Wisata Sangiran, ternyata bisa ditemukan berbagai produk dari pengembangan ekonomi kreatif di desa tersebut. Produk ini pun diharapkan mampu memberikan kesan yang menarik bagi wisatawan untuk disimpan sebagai kenangan. 

Produk dari pengembangan ekonomi kreatif di desa tersebut bisa berupa souvenir  kerajinan, kuliner, hingga fesyen. Misalnya produk berupa souvenir ada kerajinan watu, batu akik, kapak purba, watu sangir, watu lurik, kerajinan bambu, patung manusia purba, asbak, dan gantungan kunci. 

 Tidak hanya souvenir berupa kerajinan saja, tetapi di Desa Wisata Sangiran menawarkan beraneka ragam produk kuliner yang khas diantaranya: olahan bukur, tiwul, balung kethek, sego kuning, gendar pecel, bubur srintil, sego bancaan, dan kopi purba.

Adapun produk berupa souvenir fesyen yang bisa diperoleh dari Desa Wisata Sangiran yaitu Ikat Kepala Wiro Sangir. Ikat kepala ini dari kain batik segi empat yang berasal dari warisan tetua adat.

Apa Saja Paket Wisata yang Ada di Desa Wisata Sangiran? Pengunjung Dijamin Puas Untuk Menikmatinya

Adapun paket wisata di Desa Wisata Sangiran yang bisa diperoleh kepada pengunjung yaitu:

  1. Paket Lokal 1 (Harga Rp 85.000/orang)

Fasilitas:

  • Museum Sangiran

  • Klaster Sangiran

  • Praktik UMKM

  • Welcome Drink

  • Makan Siang

  • Guide Profesional

  • Shuttle Bus

  1. Paket Lokal 2 (Harga Rp 75.000/orang)

Fasilitas:

  • Museum Sangiran

  • Lapisan Tanah Purba

  • Kerajinan Sangiran

  • ATV 2 kali putaran

  • Welcome Drink

  • Guide Profesional

  • Shuttle Bus

  1. Paket Lokal 3 (Harga Rp 60.000/orang)

Fasilitas:

  • Museum Sangiran

  • UMKM Sangiran

  • Kerajinan Sangiran

  • Welcome Drink

  • Guide Profesional

  • Shuttle Bus

Keterangan:

  • Harga bisa berubah sewaktu - waktu selama belum ada deal booking

  • No DP = No Keep

Desa Wisata Sangiran yang hanya memiliki berbagai peninggalan situs arkeologis dan paleontologis saja ternyata mampu bertransformasi sebagai destinasi wisata edukatif bagi pelancong. Dengan potensi yang dimiliki dari desa wisata Sangiran ternyata mampu menyajikan informasi yang mendalam terkait peninggalan kehidupan manusia purba. Oleh karena itu, bisa membantu wisatawan untuk mengetahui warisan leluhur dari evolusi manusia pada masa itu. 

Selain itu, di Desa Wisata Sangiran juga mampu mengembangkan ekonomi kreatif dengan menyesuaikan mata pencaharian masyarakat setempat. Hal ini karena sebagian masyarakat di desa tersebut berprofesi sebagai pengrajin batu, kayu, dan bambu. Walaupun begitu, mereka mampu menghasilkan beraneka ragam produk souvenir yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Yuk Sobat Roote mari jelajahi berbagai destinasi wisata lainnya yang seru dan menarik di rootetrail.com

References:

https://youtu.be/B4_5L359kAg?si=5bJlPyTE2VflK0C3

https://www.kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/desa-wisata-sangiran-menawarkan-situs-purbakala-dan-wisata-sejarah-yang-kental

https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/3-alasan-kenapa-wajib-berkunjung-ke-museum-manusia-purba-di-desa-wisata-sangiran.html

https://quarta.id/leisure/magnet-desa-wisata-sangiran-situs-purbakala-dan-wisata-sejarah-yang-kental/#:~:text=Beberapa produk ekonomi kreatif dari,, asbak, hingga gantungan kunci

https://soloraya.solopos.com/desa-wisata-sangiran-sragen-tawarkan-3-paket-menarik-harga-mulai-rp60-000-1907828