Kaya Rempah, 4 Kuliner Khas Kalimantan Timur yang Wajib Kamu

Z

Zahra Putri Rachmania

14 Oct 2024

Perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur jadi topik hangat yang kerap dibicarakan semua orang saat ini. Selain pembangunan IKN, nyatanya banyak hal disana yang menarik untuk kamu jelajahi. 


Tidak banyak yang tahu kalau Kalimantan Timur juga punya kuliner khas yang unik dan wajib untuk kamu coba. Apa saja kulinernya? Simak dibawah ini ya!


  1. Sayur Asam Kutai


    (Sumber: sajiansedap.grid.id)


Penggemar sayur pasti tidak asing dengan olahan sayur ini. Sayur asam biasanya terbuat dari jagung, kacang, daun dan buah melinjo, kacang panjang, labu siam dengan cita rasa khas yang sedikit asam. 


Berbeda dengan sayur asam pada umumnya, sayur asam Kutai menggunakan kepala ikan gabus utuh sebagai bahan utama. Menariknya, isian sayur yang digunakan juga berbeda dengan sayur asam biasanya, loh!


Sayur asam kutai biasanya menggunakan sayur seperti kangkung, talas, dan jantung pisang baru.  Dengan cita rasa asam dan gurih seperti sayur asam pada umumnya, membuat sayur asam kutai jadi makanan wajib yang harus kamu coba!


  1. Ayam Cincane


    (Sumber: sripoku.com)


Kalau kamu suka makanan yang medok, ayam cincane jadi jawabannya.  Seperti namanya, bahan utama dalam makanan ini adalah daging ayam. Kunci utama dalam masakan ini terletak pada bumbu. 


Makanan ini menggunakan berbagai rempah seperti santai, asam jawa, jeruk nipis, bawang, cabai, kemiri, lengkuas, jahe, daun salam, serai, terasi bakar, dna kecap asin. 

Bumbu tersebut digunakan untuk mengungkep ayam sebelum dibakar atau dipanggang. Proses pengungkepan sebelumnya membuat daging ayam menjadi lembut dan cita rasa rempah saat digigir.


  1. Gence Ruan


    (Sumber: wikimedia.org)


Makanan ini berbahan dasar ikan gabus yang diolah dengan cara yang unik. Biasanya dalam mengolah ikan, kita akan membersihkan sisik, organ dalam, dan memotongnya. Namun berbeda dengan Gence Ruan, ikan gabus yang digunakan tidak dibelah dan dibersihkan sisiknya.


Ikan akan langsung dibakar diatas bara api hingga menghitam. Kemudian akan dibelah ketika sudah matang. Makanan ini disajikan dengan sambal khas kutai yang disiram diatasnya. 


  1. Pisang gapit


    (Sumber: @widyahalim)


Kalimantan Timur juga punya pilihan makanan manis yang bisa kamu icip loh! Salah satunya adalah pisang gapit. Pisang sebagai bahan utama kemudian dijepit menggunakan alat dan dibakar hingga setengah matang.


Untuk menambah cita rasa, pisang kemudian disiram dengan saus manis yang terbuat dari olahan gula merah, santan, dan daun pandan. 



Gimana? Menarikan? Itulah beberapa makanan khas yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Kalimantan Timur.


Untuk informasi lainnya, kunjungi laman website kami di www.rootetrails.com.



References:

https://rri.co.id/samarinda/kaltim/daerah/1180563/sayur-asam-kutai

https://kaltimtoday.co/5-makanan-khas-kutai-kartanegara-yang-wajib-dicoba

https://www.kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/7-kuliner-khas-kalimantan-timur-lezat-menggugah-selera

https://www.fimela.com/lifestyle/read/5441376/10-makanan-khas-kalimantan-timur-paling-populer?page=3