4 Rekomendasi Wisata Ungaran dan Sekitarnya, Enggak Bikin Ka

Z

Zahra Putri Rachmania

04 Oct 2024

Wisata Semarang memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Selain Lawang Sewu dan Kota Lama, beragam wisata bisa kamu nikmati di kota ini. Tapi tahukah kamu kalau tidak hanya di tengah pusat kota, Semarang juga punya lokasi wisata yang worth it untuk kamu kunjungi, loh!

Ungaran. Salah satu wilayah di Kabupaten Semarang ini menawarkan berbagai destinasi wisata yang bisa dinikmati dan gak bikin kantong kamu kering. Penasaran dengan lokasi wisata di Ungaran? Simak beberapa rekomendasi berikut!

1.      Pinusia Park

Buat kamu yang mau liburan bareng keluarga, Pinusia Park jadi lokasi yang cocok buat kamu. Tidak hanya menawarkan suasana yang asri, kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan seperti playground, gazebo, live music, dan taman kelinci. Selain itu, Pinusia Park juga memiliki fasilitas ATV yang bisa kamu gunakan dengan hanya membayar Rp25.000 – Rp50.000. Kalau lapar ga perlu khawatir karena mereka juga menyediakan food court dengan harga yang terjangkau loh! Menarik kan? Kapan lagi hanya dengan Rp20.000 kamu sudah bisa berkunjung ke lokasi ini.

Alamat: Kalianyar, Kalirejo, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jam Buka: Senin - Jumat jam 07.00 – 17.00 WIB, Sabtu – Minggu: 07.00 – 21.00 WIB

2.      Umbul Sidomukti

Lokasi wisata lain yang bisa kamu kunjungi di Ungaran adalah Umbul Sidomukti. Berlokasi di lereng gunung Ungaran, Umbul Sidomukti menawarkan pemandangan dan suasana alam yang sayang untuk kamu lewatkan. Hanya membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 kamu bisa menikmati berbagai aktivitas seperti berenang di kolam dengan air pegunungan asli, melihat tanaman hias, dan menikmati berbagai wahana seperti flying fox, ATV, E-bike, panahan, trampolin, paddle boat, playground, dan mini race di kawasan little ranch dengan harga masuk Rp20.000. Kamu juga bisa memberi makan kelinci, burung, rusa, kambing, domba, dan ayam hanya dengan menukar tiket masuk.

Alamat: Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Jam Buka: Setiap Hari pukul 08.00 – 17.30 WIB

3.      Alun-Alun Bung Karno

Ke Ungaran gak lengkap kalau belum ke Alun-Alun Bung Karno. Di sini, kamu bisa hunting beragam jenis jajanan kaki lima mulai dari dimsum, leker, telur gulung, dan lain sebagainya. Tidak hanya wisata kuliner, kamu juga bisa berkeliling dengan menyewa sepeda listrik, ATV, scooter, dan mobil gowes mulai harga Rp20.000 – Rp25.000. Sementara pada Sabtu dan Minggu, kamu bisa menikmati pasar malam dengan beragam wahana dan aktivitas seru disini. Kalau kamu hanya ingin menghabiskan waktu dengan keluarga, kamu juga bisa piknik loh dengan hanya bermodalkan tiker yang kamu bawa dari rumah. Kamu bisa berkunjung kapanpun dengan hanya membayar parkir sebesar Rp2.000.

Alamat: Jl. Jati Raya, Kalipasir, Kalirejo, Kec. Ungaran Tim., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jam Buka: Setiap Hari

4.      Pasar Bunga Bandungan

Tempat selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Pasar Bunga Bandungan. Pasar Bunga Bandungan menjadi sentra bunga dan tanaman yang cukup terkenal di Semarang. Disini kamu bisa healing dengan melihat bunga-bunga yang cantik dan segar. Beragam jenis bunga bisa kamu temui disini mulai dari mawar, sedap malam, matahari, hydrangea macrophylla, caspea, lili, dan lain sebagainya. Bunga-bunga disini bisa kamu beli mulai dari Rp5.000, loh! Dan yang tidak kalah penting, kamu bisa meminta untuk dibuatkan buket dari bunga yang kamu beli. Pasar Bunga Bandungan ini beroperasi setiap hari mulai dari jam 04.00 – 09.00 pagi.


Nah, itu dia empat rekomendasi lokasi wisata di Ungaran dan sekitarnya yang dijamin gak bikin kantong kamu kering! 

Kunjungi website rootetrails.com untuk mendapatkan rekomendasi destinasi lainnya!

 

 

 

 



References:

https://kumparan.com/jendela-dunia/pinusia-park-destinasi-wisata-tengah-hutan-untuk-healing-21i1lLWiKhJ/3

https://regional.kompas.com/read/2022/03/26/173245278/umbul-sidomukti-di-semarang-harga-tiket-jam-buka-syarat-masuk-dan-wahana?page=all

https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/artikel/4-aktivitas-seru-saat-berwisata-ke-pinusia-park-ungaran

https://jateng.antaranews.com/foto/207365/pasar-bunga-bandungan?