Intip Kuliner dan Monumen Menarik di Jalan Pajajaran Bandung

L

Lawinda Rahmawati

20 Jul 2024

Kenapa Bandung? Ada apa sih di kota kembang satu ini, buat yang penasaran ada destinasi apa aja di Kota Bandung. Artikel ini bisa jadi referensi sobat Roote yang mau healing atau sekedar jalan-jalan santai di Bandung. Yuk simak sampai akhir! 


Bukan hanya cantik dan indah, Kota Bandung ternyata menyimpan histori dan cerita-cerita yang menarik lho! Mulai dari bangunan, jalan, hingga kulinernya. Artikel ini akan mengajak sobat Roote keliling Jalan Pajajaran di Bandung yang pastinya bisa menambah wawasan dan mengulik kenangan  sisa-sisa bangunan zaman Hindia Belanda, yang sampai sekarang masih dilestarikan. 


1. Monumen KTT Non Blok 

Setiap kota pasti memiliki ikon yang menjadi pengingat adanya peristiwa penting yang pernah terjadi di sana. Contohnya seperti Kota Bandung yang punya Monumen Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Non Blok. Monumen ini menjadi ikon pengingat adanya Gerakan Non Blok atau GNB pada tahun 1992 di Jakarta. Dalam tugu ini, terdapat tiga dinding yang bertuliskan lirik lagu tentang GNB lengkap dengan narasi dari konferensi tersebut. Di sini, sobat Roote bisa mendapatkan informasi seputar GNB secara langsung lho! Selain itu, tempat ini juga cocok untuk bersantai sambil duduk-duduk di bangku taman. 


2. Cakwe Lie Tjay Tat

Cakwe Lie Tjay Tat menjadi salah satu kuliner legendaris di sepanjang Jalan Padjadjaran. Biasanya para pembeli datang pagi-pagi untuk mengantre supaya kebagian. Konon, pemilik kuliner cakwe yang bernama Lie Tjay Tat ini sudah merintis bisnis cakwe selama hampir 86 tahun lamanya lho! Apabila sobat Roote berkunjung ke Jalan Padjadjaran Bandung jangan lupa cobain Cakwe Lie Tjay Tat, ya! 


3. Gereja Pandu Pajajaran 

Sekitar 80 tahun yang lalu, umat Katolik yang bertempat tinggal di daerah Pandu dan sekitarnya tidak memiliki tempat ibadah permanen untuk sembahyang. Namun, sekarang apabila sobat Roote melewati Jalan Pandu di Bandung, akan terlihat satu gedung gereja yang berdiri megah, anggun, dan asri. Gereja Pandu juga memiliki nama lain, yaitu Gereja Bunda Tujuh Kedukaan. Hal tersebut karena di dalam Gereja Pandu, terdapat sebuah rute perenungan 7 kedukaan Bunda Maria yang menceritakan tentang kisah duka dari Bunda Maria. Sobat Roote yang penasaran dan tertarik dengan keindahan gereja ini bisa berkunjung kapanpun lho! Jangan lupa untuk berpakaian sopan ya, karena tempat ini merupakan tempat ibadah. 


4. Pemakaman Pandu Memorial 

Awalnya makam pandu ini dibuat khusus untuk orang-orang berkebangsaan Eropa saja, makam ini menjadi salah satu dari tujuh makam kehormatan Belanda di Indonesia lho! Makam yang dikelola oleh Yayasan Makam Kehormatan Belanda (Oorlogsgravenstichting, OGS) ini terbagi menjadi tiga kawasan. Pertama, pemakaman umum untuk non muslim. Kedua, kawasan pemakaman Belanda. Ketiga, pemakaman Ereveld yang artinya taman kehormatan. Tapi makam yang ketiga ini tidak dibuka untuk umum ya. Di sini, sobat Roote bisa melihat-lihat makam tokoh bersejarah sekaligus berziarah, berkunjung ke perpustakaan dan toko souvenir. 


5. Rumah Makan Sunda Ma'Uneh

Belum lengkap rasanya kalau berwisata ke Kota Bandung, tetapi belum mencicipi kuliner khas Sunda, pasti ada yang kurang. Rumah Makan Ma’ Uneh bisa jadi pilihan untuk sobat Roote yang penasaran dengan kuliner khas Sunda. Sudah berdiri sejak 1960-an, menu makanan yang ditawarkan di rumah makan ini hampir mencapai 100 jenis makanan lho! 

Awalnya, pemilik dari rumah makan ini yaitu Mak Uneh, memulai usaha kulinernya di sebuah gang sempit yang bernama Gang Terasana yang terletak di Jalan Pajajaran. Sewaktu dulu, menu andalan yang paling laku terjual oleh Mak Uneh adalah lotek. Tapi sayangnya, menu andalan ini sudah ditinggalkan sejak lama.


Selain tempat-tempat di atas, masih banyak tempat dan bangunan bersejarah lainnya yang bisa sobat Roote kunjungi saat berada di Kota Bandung. Nah, ternyata banyak banget ya gedung-gedung dan landmark yang menyimpan cerita unik dan bersejarah di Jalan Pajajaran Bandung. Ikuti terus artikel dan trail menarik lainnya di website rootetrails.com untuk mendapatkan rekomendasi destinasi lainnya!